Rabu, 11 Agustus 2021

    KOMPONEN-KOMPONEN SCRATCH

Sebelum kita membuat aplikasi sederhana, pada tahap awal ini kita akan membahas bagian dari program scratch yang akan kita gunakan. Pengenalan fungsi-fungsi pada scratch sangat diperlukan agar dalam pembuatan animasi atau game menjadi lebih mudah.

A. Halaman Utama Scratch

  



BAGIAN SCRATCHFUNGSI
LANGUAGEUntuk mengubah bahasa
SAVEUntuk menyimpan project
SHAREUntuk berbagi file
BLOCK PALETTEBlok untuk memprogram sprite
SCRIPTS AREATempat untuk meletakkan blok. Drag blok kedalam, tempelkan bersama script lainnya
SPRITE LISTTempat semua sprite yang digunakan. Klik untuk memilih dan mengedit sebuah sprite
NEW SPRITE BUTTONSMembuat sebuah karakter baru atau objek untuk project kita.
STAGETempat untuk melihat cerita, animasi atau game yang telah dibuat
STOP SIGNUntuk menghentikan semua script
GREEN FLAGUntuk menjalankan script yang telah dibuat
PRESENTATION MODEUntuk menampilkan project kita
VIEW MODEUntuk mengubah stage menjadi besar atau kecil

 

B. Scratch Block

Scratch block terdiri dari delapan kategori yang berbeda dan ditandai oleh delapan warna yang berbeda. Kategori dalam scratch meliputi MotionLooksSoundPenControlSensingOperators dan Variables.

MOTION
 1Menggerakkan sprite maju atau mundur
 2Menggerakkan sprite dalam arah tertentu (0 – ke atas, 90 = ke kanan, 180 = ke bawah, -90 = ke kiri)
 3Menggerakkan sprite pada koordinat x dan y dalam stage
 4Menggerakkan sprite ke arah mouse-pointer atau ke arah sprite lainnya
 5Memutar sprite searah jarum jam
 6Memutar sprite berlawanan arah jarum jam

 

LOOKS
 7Menukar sprite dengan costume yang lain
 8Menampilkan kata atau kalimat (misal Hello!) yang kita inginkan dan dibatasi waktu
 9Menampilkan kata atau kalimat (misal Hello!) yang kita inginkan tanpa terbatas oleh waktu
 10Mengatur ukuran sprite dalam persentase tertentu
 11Memunculkan sprite pada stage
 12Menyembunyikan sprite dari stage

 

SOUND
 13Memulai memainkan suara
 14Memainkan suara dan tunggu sampai suara selesai dimainkan sebelum berlanjut ke blok berikutnya
 15Menghentikan semua suara yang sedang dimainkan
 16 17Mengatur volume suara sprite dalam persentase tertentu
 17Mengubah tempo sprite dalam ukuran tertentu

 

PEN
 18-2Menghapus semua tanda pena dan stamp dari stage
 19-2Mengatur warna pena berdasarkan pilihan dari color picker
 20-2Mengatur warna pena untuk nilai tertentu. (misalkan pen_color = 0 merah pelangi, pen_color = 100 biru pelangi. Interval  dari 0 sampai 200 untuk menentukan variasi warna.)
 21-2Mengubah ketebalan pena
 22-2Mengatur ketebalan pena
CONTROL 
 23Menjalankan script ketika bendera hijau diklik
 24-2Menjalankan script ketika key tertentu (misal tombol arah kanan pada keyboard) ditekan
 25Menunggu selama waktu (detik) yang telah ditentukan, kemudian berlanjut dengan blok berikutnya.
 26Menjalankan script didalam blok secara berulang-ulang
 27-2Mengirim pesan ke semua sprite, kemudian dilanjutkan dengan blok berikutnya.
 28-2Jika kondisi yang diberikan benar maka script didalam blok dijalankan secara berulang-ulang
 29-2Jika kondisi yang diberikan benar, jalankan blok yang ada didalam
 30-2Jika kondisi yang diberikan benar, jalankan blok yang di bagian if. Jika tidak, jalankan blok yang di bagian else
 31-2Memeriksa apakah kondisi yang diberikan salah. Jika demikian, jalankan blok yang ada didalam dan dicek kembali. Jika kondisi benar, berlanjut ke blok berikutnya
 32Menghentikan script
 33-2Menghentikan semua script yang berada di semua sprite

 

 

 

SENSING
 34Laporan benar jika sprite menyentuh sprite tertentu, tepi garis atau mouse-pointer
Laporan benar jika sprite menyentuh warna tertentu
 36Mengajukan pertanyaan pada layar dan memasukkan input dari keyboard kedalam

.  Program akan menunggu sampai tombol Enter ditekan atau tanda centang diklik.

 38Mengatur waktu menjadi 0
 39Melaporkan waktu dalam hitungan detik
 40Melaporkan variabel dari sprite lain

 

OPERATORS
 41Penjumlahan dua bilangan
 42Pengurangan dua bilangan
 43Perkalian dua bilangan
 44Pembagian dua bilangan
 45Mengambil bilangan bulat dalam kisaran tertentu
 46Menggabungkan string

 

 

 

 

VARIABLES
 47Klik untuk membuat variabel baru
 48Menghapus semua blok yang berhubungan dengan variabel
 49Mengubah variabel dengan jumlah yang ditentukan
 50Mengatur variabel ke nilai yang ditentukan
 51Menunjukkan variabel pada stage
 52Menyembunyikan variabel dari stage
 

Tagged: , ,

0 komentar:

Posting Komentar