Rabu, 18 Maret 2020

Elemen utama dalam sebuah poster ilmiah adalah informasi yang ingin disampaikan oleh pembuat poster kepada target audiense. Mengingat sebuah penelitian/riset merupakan hal yang memiliki kompleksitas yang sangat tinggi, menampilkan keseluruhan hasil riset dalam sebuah media visual dengan ukuran yang terbatas merupakan kesulitan tersendiri. Konten yang padat, ringkas dan informatif perlu ditampilkan dengan baik.
Ciri-ciri atau kriteri yang termasuk iklan layanan masyarakat adalah sebagai berikut :

  1. Bersifat umum untuk semua kalangan
  2. Tidak bertujuan untuk pemasaran produk dan komersil
  3. Diakui oleh organisasi maupun instansi tertentu
  4. Isinya memiliki pesan kebaikan
  5. Bertujuan untuk mengingatkan tentang dampak dan kepentingan tinggi
  6. Menambah wawasan pembaca / melihatnya.

Mengingat banyaknya konten yang perlu ditampilkan dalam ruang media yang sempit, maka perlu diterapkan prinsip-prinsip desain seperti konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), Golden Ratio, dan EyeFlow.
AIDA
Prinsip utama dalam poster adalah mendapatkan attention (perhatian) dari khalayak sasaran. Untuk itu diperlukan beberapa elemen utama yang dijadikan fokus (Emphasis) diantaranya adalah :
1. Menggunakan judul pendek yang menarik perhatian. 
2. Dengan penekanan pada penggunaan jenis huruf (typografi).
3. Mengunakan ilustrasi utama terkait tema, bisa foto yang berhubungan dengan tema
4. Menggunakan kombinasi warna yang sesuai dengan konten / tema
5. Mengunakan komposisi yang baik dengan mengikuti alur baca (eyeflow)
6. Mengikuti trend desain yang sedang populer (jika memungkinkan)

Berikut inspirasi dan tutorial untuk kalian ya manteman.... 





https://youtu.be/TV5rQGXVI5c




Terima kasih

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar